Sabtu, 22 Desember 2012

PROKER DIVISI MEDFOKOM


Magazine of  Nursing Community (MAGNUM) edisi 2012


Saat ini dunia komunikasi dan informasi sangat berperan dalam kehidupan manusia. Hal ini menjadi kewajiban bagi mahasiswa khususnya mahasiswa keperawatan dimana fokus pembelajarannya adalah ilmu kesehatan yang perkembangannya sangat pesat, oleh karea itu sangat penting untuk  para calon-calon perawat ini selalu memperbarui wawasaannya. HIMIKA khususnya divisi MEDFOKOM memfasilitasi kebutuhan  mahasiswa PSIK FK UGM untuk memperbarui informasinya dunia keperawatan dengan menerbitkan majalah MAGNUM edisi 2012.  Bertemakan “Membangun Karakter di Negeri Sendiri” majalah MAGNUM mengangkat informasi yang meliputi kurikulum beberapa institusi serta PSIK FK UGM, kegiatan HIMIKA, HUT Internasional Nursing Day dan gudang prestasi mahasiswa PSIK FK UGM. Untuk mengangkat informasi- informasi tersebut tim redaksi membutuhkan usaha yang cukup melelahkan. 
Dalam menentukan tema majalah kami mengalami kesulitan karena beberapa kali ide kami dianggap kurang menarik. Setelah berdiskusi untuk kedua kalinya akhirnya kami sepakat untuk mengangkat tematentang  kurikulum institusi keperawatan dan akhirnya kami memberi nama tema “Membangun Karakter di Negeri Sendiri”. Kesulitan yang dihadapi pertama kali adalah dari  tim reporter dan tim kajian dari divisi KASOSTRAD. Kendala yang dihadapi tim reporter adalah sulitnya menemui narasumber yang sibuk dan bertepatan dengan hari libur sehingga sulit untuk menempatkan waktu. Namun pada akhirnya tim reporter bisa mengatasi kendala tersebut dan mendapatkan informasi yang diharapkan. Bagi tim pengkaji yaitu KASOSTRAD yang mengkaji  tentang kurikulum institusi-institusi keperawatan di Jogja menemui kendala kurang bersedianya pihak institusi untuk diwawancarai tentang kebijakan kurikulum yang dipakai pada institusinya. Tim pengkaji harus beberapa kali menghubungi pihak institusi serta harus bolak-balik ke institusi  untuk mengkonfirmasi kesediaan narasumber. Target tim redaksi MAGNUM adalah mengangkat kebijkan  kurikulum dari empat institusi yang  pada akhirnya hanya mendapatkan dua informasi dari empat institusi tersebut. Perjalanan pembuatan majalah tak berhenti  sampai disini. Tim editor juga mendapatkan dampak dari sulitnya mendapatkan inforamsi narasumber sehingga tim editor harus mengedit artikel lumayan “ngebut”akibatnya ada sedikit kata yang kurang diteliti namun hal ini bisa diatasi. Tim layouter sudah membuat layout jauh-jauh hari, hal ini memudahkan kami untuk mempercepat mencetak majalah namun tak disangka setelah masuk ke percetakan pihak percetakan mengatakan bahwa layout kami bagus namun kurang tepat posisinya dalam  penempatan artikelnya. Pihak percertakan membantu kami untuk mengtasi hal tersebut sehingga kami harus bolak-balik kesana. Selain masalah layout kami juga dihadapkan oleh timbulnya ide dari percetakan yaitu menolak mencetak  majalah kami. Tim kami sempat drop sekali karena bagaimana mungkin dengan sedikit waktu yang tersisa kami bisa mencari percetakan lain dan kami sudah memasukkan majalah sudah lama tapi dengan mudahnya pihak percetakan tiba-tiba meng’cancel’. Kami juga memikirkan nego  harga yang mungkin muncul apabila kami memasukkan majalah ke percetakan lain. Kami terus mengusahakan agar pihak percetakan tidak menolaknya, setelah dilansir ternyata pihak percetakan salah paham (miss communication) dengan salah satu tim redaksi kami. Hal tersebut bisa kami atasi sehingga pihak percetakan berkenan kembali mencetak majalah. Setelah majalah MAGNUM jadi kami benar-benar lega sekali karena sesuai dengan harapan kami. Mungkin memang terdapat beberapa kekurangan dari penyusunan dan isi majalah MAGNUM dikarenakan kurangnya ketelitian tim redaksi. Harapan kedepan adalah majalah MAGNUM ini bisa lebih berbobot dan lebih baik lagi. Semoga majalah MAGNUM bisa memberi manfaat dan selamat membaca. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang mau komentar monggo

Selamat Datang

Welcome to our blog..

Tentang Kita

Foto saya
Bersama HIMIKA mewujudkan civitas keperawatan untuk terus kreatif, inovatif, kritis, berkompeten, dan aspiratif serta bermoral dalam hal keorganisasian, keilmuan, pelayanan masyarakat, dan penelitian untuk menghadapi persaingan dunia global dalam dunia keperawatan

Followers

Search This Blog