Sabtu, 15 Januari 2011

Sejarah HIMIKA FK UGM

SEJARAH HIMIKA FK UGM


Sekitar tahun 2000an segenap perwakilan mahasiswa keperawatan FK UGM dari 3 angkatan mengadakan pertemuan untuk membahas mengenai wadah bagi mereka untuk berorganisasi, pada saat itu organisasi yang ada di FK UGM kurang mampu untuk mengcover semua kebutuhan mahasiswa di keperawatan. Oleh karena itu perwakilan mahasiswa dari B'98, B'99 dan A'99 berkumpul untuk membentuk suatu Himaprodi, yaitu semacam HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan). Setelah mereka sepakat untuk membentuk HimaProdi dan akan mendeklarasikan dalam Musyawarah Mahasiswa Keperwatan UGM, terdapat kendala karena dalam struktur di KMFK UGM pengesahan suatu badan baru di KMFK harus melalui Konggres mahasiswa FakultasKedokteran UGM. Karena terbentur masalah kelegalan organisasi maka pada saat itu HimaProdi yang rencananya akan dibentuk dirubah menjadi forum Komunikasi (Forkom). Forkom inilah cikal bakal lahirnya Himika saat ini, pada saat itu forkom diketuai oleh Hendi Rohaendi. Walaupun terdapat perubahan format organisasi dari HimaProdi menjadi forkom, tetapi tidak mengurangi keinginan untuk untuk berorganisasi, hal itu dapat tercermin dari keberhasilan mereka dalam menyelengggarakan seminar tingkat Nasional pada bulan Juni 2000.


Keberhasilan anak-anak keperawatan dalam mengadakan seminar tingkat Nasonal semakin membuat mereka bersemangat untuk membentuk suatu organisasi yang legal, akhirnya setelah melalui perjuangan yang cukup lama dan panjang, pada konggres KMFK tahun 2000, mahasiswa diperbolehkan untuk membentuk orgasisasi yang legal dalam bentuk badan Khusus (BK) dibawah presiden mahasiswa FK. Setelah mendapat persetujuan dari KMFK mengenai legalitas organisasi di Ilmu keperawatan, maka pada Musyawarah Mahasiswa Keperawatan 28 September 2000 secara resmi HIMIKA FK UGM berdiri.

Tujuan dari Himika adalah
a. Mewujudkan mahasiswa PSIK FK UGM yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan ilmiah, berkepribadian, berkepemimpinan, mempunyai sikap kepedulian sosial dan demokratis serta kreatif.
b. Mewujudkan suasana kekeluargaan dan kebersamaan dalam kehidupan keluarga mahasiswa PSIK FK UGM.
c. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.



Dalam Konggres KMFK awal tahun 2008, kedudukan HIMIKA yang dulu berbentuk badan Khusus berubah mejadi HIMAPRODI. Hal ini terjadi karena jika HIMIKA masih berbentuk Badan Khusus akan menimbulkan kerancuan dalam struktur KMFK. Oleh karena itu dalam AD/ART KMFK badan Khusus berubah menjadi HIMAPRODI. HimaProdi mempunyai kedudukan sejajar dengan departemen departemen di BEM dan berkoordinasi dengan presiden BEM. Dalam kepengurusan 2008, ada semacam rakorum (rapat Koordinasi Umum) setiap 2 bulan sekali. Hal ini dilakukan karena organisasi di FK cukup banyak, sehingga diperlukan koordinasi antar lembaga di FK supaya tidak terjadi bentur kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang mau komentar monggo

Selamat Datang

Welcome to our blog..

Tentang Kita

Foto saya
Bersama HIMIKA mewujudkan civitas keperawatan untuk terus kreatif, inovatif, kritis, berkompeten, dan aspiratif serta bermoral dalam hal keorganisasian, keilmuan, pelayanan masyarakat, dan penelitian untuk menghadapi persaingan dunia global dalam dunia keperawatan

Followers

Search This Blog