Sabtu, 18 Juni 2011

Mahasiswa Angkat Bicara: Uji Kompetensi Perawat _part 1_

Sebagai salah satu divisi, Kasostrad memang berfungsi untuk membantu mencerdaskan mahasiswa bahkan masyarakat. Salah satunya yaitu dengan mengusahakan bagaimana mahasiswa keperawatan dapat mengenal uji kompetensi perawat sejak dini.

Mengenai adanya uji kompetensi ini, saya beranggapan bahwa uji kompetensi seharusnya memang ada karena dengan uji kompetensi seorang perawat akan memiliki kewenangan hukum dan dapat di kategorikan layak karena terdapat SIP dari PPNI Yogyakarta. Saya juga sangat setuju dengan diadakannya uji kompetensi ini agar ada standar yang sama walaupun perawat tersebut belajar di berbagai institusi yang berbeda.

Seiring berjalannya waktu, permasalahan yang akan dihadapi dengan adanya uji kompetensi ini akan semakin berkembang pula. Seperti permasalahan bagaimana dengan perawat yang terlanjur bekerja, bahkan membuka praktek, haruskah mereka juga memiliki standar yang sama dengan standar uji kompetensi perawat. Seandainya diharuskan sama, apakah perawat tersebut harus mengikuti uji kompetensi walaupun mereka telah menjadi perawat bertahun-tahun yang lalu dengan ketrampilan dan pengalaman mereka?

Sejauh ini, untuk uji kompetensi perawat baru diadakan di wilayah PPNI Yogyakarta. Dan kita sebagai calon perawat yang saat ini masih menjadi mahasiswa biasanya akan mengikuti uji kompetensi ini di wilayah Yogyakarta. Tetapi permasalahan yang muncul adalah bagaimana seandainya kita nanti bekerja disuatu daerah yang berbeda? Apakah standar uji kompetensi di wilayah Yogyakarta akan sama dengan daerah lainnya? Apakah nanti akan dipertanyakan lagi kompetensi kita jika bekerja di luar lingkungan Yogyakarta?. Alasannya sederhana, hanya karena uji kompetensi ini belum diterapkan secara nasional. Dalam penyelenggaraan uji kompetensi perawat ini dibutuhkan pihak independen untuk menjamin mutu yang bagus dan berkualitas.

Menanggapi adanya uji kompetensi ini sebenarnya dari pihak PSIK UGM sendiri telah dikenalkan dengan adanya CCNS atau Comperhensip Clinical Nursing Skills. Harapannya yaitu agar mahasiswa di PSIK UGM ini tidak akan terlalu syok menghadapi uji kompetensi perawat ini. Dari pihak prodi sendiri telah mengarahkan mahasiswa untuk mempersiapkan uji kompetensi perawat tersebut.

Selain itu, dari pihak PSIK UGM harus ada penyesuaian-penyesuaian terkait dengan uji kompetensi perawat. Seperti perlu diketahuinya standar ketrampilan yang digunakan dalam uji kompetensi. Apakah dari NANDA, NIC, NOC atau standar ketrampilan yang lain?


Dari prodi sendiri seharusnya mempersiapkan mahasiswanya dalam menghadapi uji kompetensi seperti diadakan semacam briefing, bisa juga dengan memberikan kisi-kisi uji kompetensi atau minimal melalui pendampingan. Perawat lulusan PSIK UGM yang mengikuti uji kompetensi ini tidak hanya akan membawa namanya pribadi tetapi juga membawa nama baik PSIK bahkan nama UGM secara luasnya.

Jika dibandingkan dengan institusi yang lain PSIK UGM sendiri masih kurang memfasilitasi kebutuhan yang menunjang akademik mahasiswa. Seperti ada beberapa alat yang sudah tidak layak digunakan tetapi masih tetap dipergunakan dalam pembelajaran ketrampilan mahasiswa.  Jangan merasa bahwa PSIK UGM yang paling hebat diantara insitusi keperawatan yang lain. Masih banyak institusi di luar UGM yang lebih terfasilitasi dengan lebih baik dan lebih komplit. Cobalah sesekali membuka cakrawala pengetahuan dengan mengadakan study tour ke universitas lain agar kita bisa mengetahui bagaimana output mereka. Sebenarnya kita sebagai mahasiswa yang di sini hanya beruntung saja memiliki kesempatan menjadi mahasiswa di UGM. Perbedaan  hanya terletak pada output atau fasilitas saja dengan mahasiswa keperawatan di institusi yang lain.

Arip Susianto mahasiswa PSIK  UGM ‘07

1 komentar:

  1. Pelaksanaan Uji Kompetensi masih KACAU, perlu ditinjau ulang........jangan sampai hanya kedok belaka tp sesungguhnya demi kepentingan tertentu.
    http://firman-telaumbanua-famika-pasca11.web.unair.ac.id/artikel_detail-48730-Kesehatan-UJI%20KOMPETENSI%20PERAWAT%20*kurang%20tepat*.html

    BalasHapus

yang mau komentar monggo

Selamat Datang

Welcome to our blog..

Tentang Kita

Foto saya
Bersama HIMIKA mewujudkan civitas keperawatan untuk terus kreatif, inovatif, kritis, berkompeten, dan aspiratif serta bermoral dalam hal keorganisasian, keilmuan, pelayanan masyarakat, dan penelitian untuk menghadapi persaingan dunia global dalam dunia keperawatan

Followers

Search This Blog