Senin, 13 Juni 2011

Sakit Keringat Darah...

Judulnya kok seremm amat yahh.. 
Adalah Dora, gadis 25 tahun dari Padang, Sumatra Barat, yang terkena penyakit aneh, yaitu berkeringat darah. Kelainannya ini dideritanya sejak tahun 2008. Pada mulanya penyakit ini muncul tahun 2008,dan bertambah parah menginjak tahun 2009 dengan penurunan tekanan darah yang sangat drastis. Sejak saat itu Dora sering kali masuk keluar rumah sakit, dan untuk sekali pengobatan menghabiskan dana sekitar 8 juta hingga 9 juta.
Ibu tirinya –Mawarni- menjelaskan bahwa bagian tubuh Dora yang sering mengeluarkan darah adalah ubun-ubun, sehingga Dora memangkas cepak rambutnya agar lebih mudah terlihat jika sewaktu waktu keringat darah tersebut muncul..
Saat ini Dora dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta setelah dirujuk dari RSUP M.Djamil, Padang. Untuk prngobatannya tersebut keluarga mengaku merasa terbantu dengan adanya program jamkesmas, sehingga seluruh biaya rumah sakit ditanggung oleh pemerintah.
Lalu, apakah penyakit yang diderita Dora tersebut?



Kondisi yang daialami Dora  ini disebut dengan hematidrosis (sweat blood) yang pada beberapa kondisi tertentu bisa disebabkan oleh penyakit lain atau mengalami tekanan darah tinggi.
Gejala: Keluar keringat darah di pori kulit saat mengalami stres kecemasan atau ketakutan yang teramat dalam menyebabkan pembuluh darah kecil yang menyuplai ke kelenjar keringat menjadi ketat dan mengecil, sehingga ketika pembuluh darah melebar akan terjadi pendarahan.
Penyebab: Stres, ketakutan atau kecemasan yang teramat dalam atau ekstrem yang dialami seseorang menyebabkan pelepasan suatu bahan kimia yang bisa memecah kapiler di dalam kelenjar keringat. Akibatnya ada sejumlah kecil pendarahan sehingga keringat yang keluar disertai dengan darah.

Dr Frederick Zugibe, ahli forensik dari New York menuturkan hematidrosis adalah salah satu efek samping yang ekstrem dari respons fight or flight. Sebagian besar terjadi ketika seseorang mengalami stres kecemasan atau ketakutan yang teramat dalam, seperti dikutip dari Howstuffworks, Rabu (1/6/2011).
Berkeringat darah memang bisa menakutkan dan sangat langka. Tapi biasanya kondisi ini berkaitan dengan penyakit lain seperti hemochromatosis, yaitu kondisi bahaya yang mana zat besi banyak terbentuk dan disimpan dalam tubuh sehingga membuat seseorang rentan terhadap hematidrosis.


Selain itu ada pula teori lain yang menyebutkan bahwa kecemasan atau ketakutan ekstrem yang dialami seseorang menyebabkan pelepasan suatu bahan kimia yang bisa memecah kapiler di dalam kelenjar keringat. Akibatnya ada sejumlah kecil pendarahan sehingga keringat yang keluar disertai dengan darah.

Dr Zugibe menuturkan beberapa kasus terkait dengan hematidrosis dilaporkan terjadi ketika seseorang mengalami ketakutan menjelang hukuman eksekusi serta ada juga akibat takut badai saat tengah berlayar.
Efek yang terjadi di tubuh terkait dengan hematidrosis ini meliputi kelemahan, dehidrasi ringan hingga sedang serta kecemasan tinggi yang membuat seseorang berkeringat hingga keringat darah.

http://health.detik.com dg berbagai perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang mau komentar monggo

Selamat Datang

Welcome to our blog..

Tentang Kita

Foto saya
Bersama HIMIKA mewujudkan civitas keperawatan untuk terus kreatif, inovatif, kritis, berkompeten, dan aspiratif serta bermoral dalam hal keorganisasian, keilmuan, pelayanan masyarakat, dan penelitian untuk menghadapi persaingan dunia global dalam dunia keperawatan

Followers

Search This Blog