Senin, 26 Desember 2011

Sejumput Cerita dari Bali (1)


Pada tanggal 3-5 Desember 2011 kemarin telah diselenggarakan konferensi internasional HPEQ yang kedua, yaitu “2nd HPEQ International Conference” dengan thema “Promoting Health Through Interprofessional Education” yang dilaksanakan di Bali. Nah, dalam ajang bergengsi itu beberapa teman kita berkesempatan untuk mengikuti konferensi tersebut.

Apa sih HPEQ itu?

Health Professional Education Quality (HPEQ) Project adalah sebuah proyek dibawah Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang didanai oleh Bank Dunia (World Bank) dan bertujuan untuk menghasilkan kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan profesi kesehatan di Indonesia. Target pencapaian Proyek HPEQ adalah penguatan dalam sistem akreditasi dan uji kompetensi dalam system pendidikan tinggi profesi kesehatan. Proyek HPEQ diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan profesi kesehatan agar menghasilkan lulusan terbaik profesi kesehatan yaitu : dokter, dokter gigi, perawat, bidan, ahli gizi, apoteker dan ahli kesehatan masyarakat.

Nahh, dibawah ini ada sedikit cerita dari peserta HPEQ.. Simak yukk..

Teman teman tentu sudah pada tahu kan siapa mbak Veny Winta Pratiwi atau yang akrab disapa Mbak Eiy ini?  Mahasiswa PSIK FK UGM angkatan tahun 2009 punya cerita keren nih. Beliau berhasil mengikuti Health Profesionals Education Quality (HPEQ) yang diadakan oleh Dikti bekerjasama dengan World Bank yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di bidang kesehatan yaitu tentang pembuatan kurikulum.  Awalnya HPEQ ini diselenggrakan tanpa mahasiswa,namun kemudian para mahasiswa mengadakan konferensi Health Profesionals Student Summit (HPSS) yang menghasilkan kesepakatan bahwa sebenarnya dalam pembuatan kurikulum dan advokasi juga diperlukan peran dari mahasiswa. Sampai pada akhirnya terlaksanalah  HPEQ Student yang bertempat di Bali pada tanggal 3-6  Desember 2011 yang lalu. Semua biaya ditanggung oleh project tersebut jadi semuanya gratis, tanpa dipungut biaya. Seru kan kita bisa memperoleh pengalaman sambil berlibur gratis?



Awalnya mbak Eiy ini mendapatkan informasi dari sebuah group di jejaring social yang menawarkan kesempatan untuk mengikuti HPEQ Student tersebut. Persyaratanya yang dianggap mudah oleh beliau  dengan membuat essay berdasarkan tema yang telah ditentukan membuat beliau tertarik,sampai  kemudian beliau memilih interprofesional education sebagai tema dan akhirnya beliau menyusun esai sampai akhirnya diterima.
Selama tiga hari di Bali, beliau mendapatkan materi-materi perkuliahan yang menarik tentang peran mahasiswa dalam pembuatan kurikulum. Selain itu juga diajarkan tentang proses dan cara-cara penyaluran aspirasi yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Selain materi dan ilmu yang bermanfaat, beliau juga mendapatkan pengalaman yang menarik salah satunya adalah mengikuti drama dalam kelas internasional yang menjadi pengalaman yang tak terlupakan oleh beliau.






Setelah mengikuti HPEQ Student ini beliau punya pesan buat para mahasiswa. Sebenarnya mahasiswa bisa berkontribusi dalam pembuatan kurikulum pendidikan kesehatan yang mereka tekuni, maka jangan tajut untuk beraspirasi karena menurut beliau apa yang kita inginkan belum tentu dipahami oleh para pembuat kurikulum dan belum tentu juga apa yang mereka inginkan dipahami pula oleh kita. Selain itu beliau juga berpesan kepada para mahasiswa jangn pernah menyianyikan kesempatan apabila ada penawaran. Entah itu penawaran study tour ataupun even-even menarik lainya, jangan takut untuk dicoba. Nah begitulah cerita menarik dari mbak Eiy, kita tunggu teman-teman lain untuk mengikuti jejak beliau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang mau komentar monggo

Selamat Datang

Welcome to our blog..

Tentang Kita

Foto saya
Bersama HIMIKA mewujudkan civitas keperawatan untuk terus kreatif, inovatif, kritis, berkompeten, dan aspiratif serta bermoral dalam hal keorganisasian, keilmuan, pelayanan masyarakat, dan penelitian untuk menghadapi persaingan dunia global dalam dunia keperawatan

Followers

Search This Blog